Thursday, June 28, 2012

Keindahan dan Keunikan Batu Akik dari Nusantara

Batu Akik Nusantara
Batu Akik
Kata Akik sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang Indonesia. Batu Akik identik dengan tuah dan mistis, mempunyai makna yang berbeda bagi masing-masing orang. Batu akik merupakan ciptaan yang luar biasa cantik, batu ini merupakan kreasi dari alam yang berupa kristalisasi mineral, dan pembentukannya merupakan proses kristalisasi menjadi sebuah kristal permata atau batu akik. Batu akik secara umum dipakai sebagai mata cincin, bandul kalung dan biasanya dikombinasikan dengan logam mulia perak atau emas. Batu akik sebenarnya bernilai jual yang tidak terlalu mahal. Namun, karena dibumbui dengan cerita-cerita tentang tuah dan mistik dan orang-orang percaya bahwa batu akik mampu memberikan keuntungan bagi pemakainya maka kadang harga batu akik menjadi sangat tinggi. Batu akik yang ada dipasaran berasal dari berbagai penjuru dunia. Namun, yang beredar di pasaran batu mulia Indonesia berasal dari beberapa tempat penghasil batu akik di dalam negeri. Indonesia memiliki beragam jenis batu akik yang juga mempunyai harga sangat terjangkau. Masyarakat kebanyakan biasanya menyukai batu akik bukan hanya karena suka dengan bentuk dan warnanya, yang menarik, sebagian mempunyau kepercayaan bahwa batu akik memiki kekuatan mistis yang tersimpan di dalamnya.
 
Sentra-sentra penghasil dan pengrajin batu akik dan permata berada di berbagai wilayah Indonesia. Produksinya berbeda-beda di tiap daerah. Tiap daerah mempunyai ciri khas batu akik dan permata sendiri-sendiri. Sebagai contoh beberapa daerah pengrajin batu akik yang terkenal di Indonesia adalah Garut dengan batu Garut hijaunya. Kepulauan Halmahera dengan batu Bacan Doko dan Bacan Palamea. Daerah Kalimantan mempunyai deposit batu Agate atau Akik, Amethyst dan Intan. Banten sangat tersohor dengan deposit fosil kayu dan batu Opal yang biasa disebut sebagai batu Kalimaya. Pulau Sumatera saat ini mulai terkenal dengan dengan batu Sungai Dareh dan fosil Mani Gajah. Berapa daerah seperti Sukabumi dan Pacitan juga merupakan legenda penghasil batu akik di Indonesia.

Batu akik dan permata merupakan pembentukan dari kristalisasi mineral. Batu Akik menjadi sebuah benda seni kreasi alam yang sangat diminati oleh mayarakat baik pria maupun wanita. Akik atau Agate mempunyai berbagai ragam variasi warna dan barbagai tekstur permukaan antik yang memberikan visualisasi keindahan tersendiri. Para pengrajin batu akik dan permata biasanya mengasah batu menjadi sebuah mata cincin, bandul kalung, mata anting, gelang, dan mata sabuk. Dengan perkembangan gaya hidup, batu akik selain dibuat perhiasan seperti tersebut diatas, juga sering digunakan sebagai penghias sebuah desain baju. Jenis batu akik atau batu mulia juga mampu didesain menjadi hiasan yang luar biasa indahnya, harga jual dari beberapa batu akik langka sangat tinggi bisa melebihi harga batu permata.

Batu akik bagi masyarakat Indonesia dipercaya memiliki suatu pengaruh bagi pemiliknya. Batu akik dipercaya menyimpan suatu energi dan menjadi pelindung bagi pemakainya. Hal inilah yang membuat batu akik kerap kali disebut sebagai batu bertuah. Berdasarkan dari proses pembentukannya yang berjuta-juta tahun, batu akik memang memiliki energi yang tersimpan. Energi dari batu akik akan menyesuaikan diri kepada si pemakai. Biasanya tidak secara langsung batu Akik memperlihatkan tuahnya. Kekuatan sang pencipta melebur dalam ciptaaNya. Batu akik mempunyai energi karena batu ini merupakan batu alam ciptaan Tuhan. Jadi energi yang ada dalam batu Akik tersebut merupakan energi alam yang berasal dari Sang Pencipta.

No comments:

Post a Comment